Senin, 19 Desember 2011

Bercak merah pasca demam [Roselia Infantum]

Roselia/Roseola Infantum bersifat menular, di sebabkan oleh virus herpes ringan kelas 6 (HHV6) - 7 (HHV7) dan umumnya menyerang bayi pada usia 6 bulan – 2 tahun.
Penularan terjadi melalui air liur ketika bersin, bicara, tertawa, berbagi tempat minum. Apabila anak menghirup atau memegang liur yang sudah terinfeksi kemudian menyentuh hidungnya, maka anak akan tertular.

Anak hanya bisa menyebarkan virus sebelum dia mengalami gejala sakit, seperti demam tinggi dan/atau bercak/ruam.. Ketika gejala sakit sudah timbul, penularan tidak akan lagi terjadi..

Gejala sakitnya ialah demam tinggi selama beberapa hari (mencapai 39-40 derajat Celcius dan bisa lebih), dilanjutkan dgn timbul bercak merah pada saat demamnya hilang, persis seperti yang dialami anak ane.

Beberapa kasus, demam tinggi dapat menyebabkan kejang ringan.. Apabila kejang berlanjut, penanganan oleh dokter harus segera dilakukan.

Setalah demam hilang, timbul ruam/bercak merah dan itu tidak gatal atau menggangu bagi bayi, tapi pengaruh lain bayi mungkin akan menjadi sedikit rewel, mudah capek dan hilang nafsu makan.

Tidak ada pengobatan khusus / vaksin yang dianjurkan, cukup penangan dirumah dengan banyak istirahat, menjaga kebersihan, perbanyak minum (mencegah dehidrasi) dan antisipasi demam anak lainnya (banyak thread di Forum Anak)..

Finally, bercak merah itu akan hilang dengan sendirinya dalam 1 atau 2 hari.

Rosalia biasa menyerang anak-anak dan sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Ada dokter yang berfikir bahwa serangan Roseola di masa kecil dapat memberikan kekebalan abadi terhadap penyakit.
Infeksi berulang mungkin terjadi, tapi kasus ini sangat jarang.

Beberapa sumber:

Kidshealthinfo
dokternoviana
Exanthema subitum

Tidak ada komentar: